Jl. Raya Surabaya Malang Km. 48 - The Taman Dayu - Pasuruan
T: (0343) 5650790 / (0343) 635186

BACK TO Featured

The Bagong Adventure Museum

Pada hari Rabu, 25 Januari 2017 siswa kelas 5 Sekolah Citra Berkat The Taman Dayu berkunjung  ke The Bagong Adventure Museum Tubuh guna menambah eksplorasi tentang anatomi tubuh manusia. Museum ini adalah museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia saat ini. Museum Tubuh berlokasi pada satu area yang sama dengan Jawa Timur Park 1. The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia.
Pagi hari sebelum berangkat, siswa mendapatkan pengarahan dan dibagi menjadi dua kelompok. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mereka sudah merencanakan kegiatan yang akan dilakukan saat tiba di museum.

Setibanya di lokasi, siswa memulai eksplorasi di dalam ‘tubuh manusia’. Zona pertama yang dikunjungi yaitu zona mulut. Di dalam zona tersebut, siswa kelas 5 mendapat penjelasan yang menarik dari pemandu tentang lidah dan gigi serta cara untuk menjaganya.

Kemudian eksplorasi dilanjutkan ke dalam zona telinga di mana siswa melihat tayangan tentang organ pendengaran.

Eksplorasi dilanjutkan ke zona hidung, zona mulut, zona mata, dan zona aktivitas. Di dalam zona aktivitas, siswa bersemangat karena diberi kesempatan untuk dapat memainkan alat peraga. Perjalanan dilanjutkan menuju zona paru-paru, jantung, usus dan ginjal. Di dalam zona tersebut siswa juga mendapatkan penjelasan menarik dari pemandu.
Di dalam museum tubuh tersebut tidak hanya menampilkan anatomi tubuh manusia saja, namun tersedia bioskop 3D tentang cara menjaga tubuh manusia. Setelah film selesai, siswa kemudian menuju tempat pemeriksaan gratis yang sudah disediakan oleh pihak museum. Secara bergantian, siswa mengantri untuk diperiksa sambil memakan bekal yang dibawa dan memesan snack dari food court.
Tidak terasa waktu berjalan cepat sehingga siswa harus segera kembali ke sekolah. Dalam perjalanan pulang, siswa masih asyik saling bercerita tentang keseruan memasuki ‘tubuh manusia’. Menurut siswa, waktu yang disediakan untuk outing masih kurang. Namun, mereka senang dapat mengetahui bentuk organ tubuh manusia dan tidak sabar untuk membuat proyek alat peraga edukasi sebagai ajakan untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

Galeri foto klik disini

c

c